Cara Mengetahui Peluang Bisnis Online itu SCAM atau bukan

Begitu Banyak Peluang Bisnis Online yang ditawarkan di internet merupakan scam. Scam berarti adalah penipu/ penipuan, pelakunya sering disebut dengan istilah Scammers sedangkan korbanya adalah Scammed, saya pernah empat kali menjadi Scammed, karena kurang waspada terhadap hal tersebut.
maka oleh sebab itu kita harus lebih berhati-hati dalam memilih dan jangan sampai mudah percaya dengan iming-iming yang menggiurkan dan akhirnya kita akan tertipu. Tapi menurut saya tidak hanya bisnis online saja yang beresiko merupakan scam bisnis offline pun bisa demikian.

Banyak sekali kita mendengar laporan-laporan di internet mengenai seseorang korban Scammers, para scammers ini menargetkan orang2 yang rakus atau malas melakukan sesuatu dengan usaha bekerja keras dalam menghasilkan uang atau keuntungan, mereka memilih orang-orang yang ingin cepat kaya/ menghasilkan banyak uang/ profit dalam waktu sekejap tanpa adanya usaha kerja keras dan bahkan tidak sambil kerja pun bisa. Termasuk diri saya sendiri mungkin ya.

Berikut ini sering kita dengar dan lihat rayuan maut dari para scammers dalam menjajakan bisnisnya :
Mendapatkan uang sambil tidur. ( hebat sekali bukan)
Tidak perlu bekerja kita bekerja, biarkan uang anda yang berkerja buat anda. (salah satu Teknik marketing)
Tanpa modal gratis, tetapi ujung-ujungnya bayar ( teknik tarik ulur)
Bila anda tidak puas dengan produk kami, kami akan mengembalikan 200% uang anda.
Dan lain-lain
Contoh kedok jenis-jenis bisnis online secara umum yang sering kita jumpai dan harus diwaspadai :

1.High Yield Investment Program (HYIPs). Mereka meminta Anda untuk berinvestasi banyak uang, dengan janji keuntungan akan berlipat ganda dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini biasanya melibatkan kerja sama investasi dalam beberapa jenis “proyek jangka panjang”

2.Multi Level Marketing (MLM). Ups, jangan berburuk sangka dulu, karena tidak semua jenis bisnis ini adalah scam/ penipuan. Mereka merupakan perusahaan yang biasanya mengeluarkan produk-produk berkualitas dan bermanfaat dan anggota-anggota mereka mendapatkan bonus/ bayaran jika berhasil menjual produk/ jasa mereka. Catatan : Jika mereka tidak punya produk/ jasa, dan hanya mencari anggota untuk bergabung, ini kemungkinan besar adalah scam.

3.Lottery Scams (undian berhadiah), sering kita menemukan salah satu situs di menu Popup nya berisi “ selamat anda telah memenangkan undian dan berhasil mendapatkan ( PS3, iphone, laptop, dsb)” . Biasanya mereka meminta mengunjungi situsnya, menyuruh anda mengisi formulir atau nomor kartu credit beserta pin. Kalau anda melakukannya dipastikan identitas anda telah dicuri.

4.Phishing Scams. Pernah kah anda menerima Email yang seolah datang dari BANK atau rekening online lainnya? dan meminta anda login lalu meverifikasi account anda. Bila dilakukan, kemungkinan rincian login anda akan direkam dan dijual kepada orang lain. Terkadang juga menyerupai berbentuk paypal.

5.Scam berkedok pelelangan. Mungkin kasus ini sering terjadi di situs-situs pelelangan seperti eBay.com, banyak dari buyer/ pembeli tsb diberitahukan bahwa telah memenangkan sebuah tawaran, dan barang yang telah dibayarkan tidak pernah kunjung datang. Oleh karena itu situs seperti Ebay.com sekarang telah memberikan peraturan sangat ketat guna untuk mengantisipasi kejahatan2 yang dibuat oleh para scammers.

Dari beberapa contoh diatas mudah-mudahan kita dapat mengantisipasi dan memilah-milah Peluang Bisnis Online dan meminimalisir kemungkinan menjadi korban scam berikutnya dari orang2 yang tidak bertanggung jawab. Dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa janjinya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s